Sambut Bulan Ramadhan Dengan 5 Menu Buka Puasa Yang Mudah Dibuat

Sambut bulan ramadhan dengan 5 menu buka puasa yang mudah dibuat
Sambut bulan ramadhan dengan 5 menu buka puasa yang mudah dibuat

Setelah menahan haus dan lapar, takjil menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mengisi perut dan mengusir dahaga sebelum lanjut menyantap makan malam. Ada banyak pilihan takjil yang dapat Anda buat, mulai dari berbagai jenis minuman, makanan ringan, hingga olahan. Karena menunya yang bervariasi, maka menu buka puasa berupa takjil menjadi favorit banyak orang.

Sambut Bulan Ramadhan Dengan 5 Menu Buka Puasa Yang Mudah Dibuat

Jika Anda ingin membuat takjil di rumah, Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli berbagai macam bahan masakan. Karena, kini Anda bisa membeli bahan masakan dengan mudah dan cepat di Shopee food market. Ada banyak bahan masakan yang bisa Anda beli. Tidak perlu takut akan kualitasnya, karena Anda bisa menggunakan metode pengiriman instan 2 jam sampai.

Untuk Anda yang ingin membuat menu buka puasa yang mudah di rumah, berikut ini 5 menu buka puasa yang bisa Anda pertimbangkan.

Kolak Pisang

Hidangan satu ini menjadi salah satu hidangan yang identik dengan bulan Ramadhan. Untuk membuat kolak pisang pun sangat mudah, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan saja, mulai dari pisang seperti jenis pisang tanduk atau pisang raja, tambahan ubi, gula merah, kolang kaling, gula pasir, dan juga air.

Cara buatnya adalah didihkan air lalu masukkan pisang dan ubi. Setelahnya, tinggal masukkan gula merah, gula pasir dan juga kolang-kaling ke dalam wadah tersebut, kemudian aduk hingga gula larut. Jika Anda ingin kolak ini punya aroma yang lebih wangi, Anda bisa menambahkan daun pandan. Lalu untuk rasa yang lebih gurih, Anda juga bisa menambahkan santan kelapa. Setelah semua sudah matang, kolak pisang pun siap untuk disajikan.

Pisang Goreng

Masih dari menu olahan pisang, menu buka puasa lainnya adalah pisang goreng. Pisang goreng adalah salah satu jenis kudapan favorit di Indonesia, maka tidak heran jika menu pisang goreng ini banyak disajikan untuk dijadikan santapan buka puasa.

Bahan yang Anda butuhkan pun cukup simple, mulai dari pisang baik jenis pisang raja atau pisang kepok, terigu, tepung beras, gula pasir, dan margarin. Untuk aroma yang lebih harum, Anda bisa menambahkan vanili. Tidak hanya lezat, pisang goreng juga mengenyangkan serta mudah untuk dibuat.

Es Buah

Menu ini juga tidak perlu ribet untuk membuatnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun bisa dengan mudah Anda beli di Shopee food market, mulai dari berbagai macam buah seperti nanas, mangga, pepaya, semangka, atau jenis buah lainnya. Lalu, tidak lupa Anda bisa menambahkan cincau, nata de coco, dan sirup sebagai kuah es buah ini.

Tips membuat es buah ini adalah buatlah satu jam sebelum waktu buka puasa, sehingga rasa es buahnya masih segar dan juga dingin. Anda bisa menambahkan isian lainnya, seperti aneka agar-agar, mata ikan, dan juga susu kental manis.

Es Campur

Masih dari hidangan es, Anda bisa membuat es campur sebagai menu buka puasa Anda. Sama seperti es buah, es campur ini sangat mudah untuk dibuat. Es campur merupakan menu takjil yang kaya akan aneka rasa dan menyegarkan. Anda dapat mencampurkan berbagai macam bahan seperti nata de coco, agar-agar, cincau, biji selasih, buah potong, dan lain-lain. Tambahkan sirup atau susu kental manis serta es batu atau es serut untuk hasil yang lebih segar.

Aneka Gorengan

Siapa yang bisa menolak kehadiran gorengan sebagai opsi menu buka puasa. Gorengan tidak hanya populer saat bulan puasa saja, namun hampir setiap hari pasti ada saja yang menyantap makanan ringan ini. Anda bisa lho membuat gorengan dengan mudah di rumah untuk dijadikan menu buka puasa.

Anda bisa membeli tempe, tahu, atau membuat risol berisikan daging ayam cincang untuk dijadikan menu buka puasa. Selain itu, Anda juga bisa membuat bakwan sayur atau bakwan udang untuk menemani menu minuman segar yang telah Anda buat.

Nah, itu dia 5 menu takjil yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai menu buka puasa. Untuk membuat menu buka puasa tersebut, Anda bisa membeli bahan masakan dengan mudah di Shopee Food Market. Bahan masakan Anda akan dikirim secara instan dalam waktu 2 jam saja. Selain itu, Anda juga bisa menikmati promo Gratis Ongkir sampai dengan 50 ribu.