Tips Memilih Baju Lebaran yang Serasi dengan Penampilan

Tips memilih baju lebaran yang serasi dengan penampilan
Tips memilih baju lebaran yang serasi dengan penampilan

Setelah menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadan, umat muslim akan merayakan hari Lebaran. Tradisi yang umumnya dilakukan pada momen spesial ini adalah saling bersilaturahmi di antara sesama anggota keluarga besar dan juga para kenalan. Tidak heran jika setiap orang pasti ingin tampil maksimal pada kesempatan tersebut.

Tips Memilih Baju Lebaran yang Serasi dengan Penampilan

Memilih outfit yang akan dikenakan pada hari Lebaran sebenarnya tidak sulit. Hal yang paling penting dilakukan adalah mengenal diri sendiri dan mencari pakaian yang serasi dengan karakteristik Anda. Namun, banyaknya pilihan baju Lebaran yang tersedia kerap membuat seseorang merasa bingung. Yuk, simak dulu tips berikut ini!

Pilihlah Baju Berbahan Nyaman

Saat hari Lebaran, Anda pasti akan sangat sibuk. Selain menyita energi, kegiatan yang padat tersebut bisa membuat tubuh mudah berkeringat, apalagi ketika cuaca sedang panas. Jika Anda mengenakan pakaian yang tidak menyerap keringat, rasanya pasti akan kurang nyaman karena tubuh terasa gerah.

Sebaiknya, pilihlah baju Lebaran yang terbuat dari bahan katun. Pasalnya, kain katun dapat menyerap keringat dan membuat kulit terasa lebih adem. Ada beberapa jenis bahan katun, mulai dari katun Jepang, katun Paris, hingga katun rayon. Selain itu, bahan linen juga nyaman di kulit karena terbuat dari serat alami.

Gunakan Busana yang Sopan

Saat ini, model pakaian wanita sangat bervariasi. Bahkan, model baju Lebaran juga sudah banyak yang trendi dan kekinian. Tidak ada salahnya mengenakan outfit yang stylish asalkan masih terlihat sopan.

Busana wanita yang umum dikenakan pada momen Lebaran biasanya bermodel gamis yang berpotongan longgar, tunik yang lebih bergaya, atau kaftan yang memudahkan Anda untuk bergerak. Apa pun pilihan Anda, pastikan pakaian tersebut tetap enak dilihat.

Pilihlah Pakaian Berwarna Netral

Anda sebenarnya bisa mengenakan pakaian dengan warna apa pun saat menyambut hari Lebaran. Namun, akan lebih mudah memadukannya dengan aksesori atau bawahan jika baju Lebaran berwarna earth tone yang cenderung netral. Koleksi warna pastel atau bahkan warna putih juga sangat tepat untuk dipilih pada momen spesial ini.

Modelnya Nyaman Digunakan

Pernahkah Anda menggunakan pakaian yang terlalu bergaya sehingga menyebabkan rasa kurang nyaman saat bergerak? Meskipun terlihat menarik dan membuat penampilan Anda lebih keren, baju Lebaran seperti ini kurang praktis. Anda tidak akan leluasa untuk bergerak dan justru melewatkan kesempatan menikmati kebersamaan dengan orang terdekat.

Saat memilih baju Lebaran, model yang bagus memang penting. Namun, sesuaikan model pakaian yang dipilih dengan karakteristik Anda. Apabila Anda merupakan orang dengan tipe yang sangat aktif, jangan sampai pakaian akan membatasi gerak Anda.

Tampil Kompak dengan Keluarga

Bingung menentukan baju Lebaran yang paling pas? Anda juga bisa berdiskusi dengan anggota keluarga dan memilih seragam untuk dipakai bersama. Untuk pasangan suami istri dan anak-anak, Anda bisa mengenakan baju Lebaran dengan model dan warna yang sama. Begitu pula jika Anda adalah pasangan yang baru saja menikah.

Jika sulit untuk mencari pakaian yang sama persis, menentukan tema warna senada juga tidak kalah seru. Anda bisa memilih model pakaian apa pun asalkan warna yang digunakan serasi dengan anggota keluarga yang lain. Dijamin, momen Lebaran akan terasa lebih menyenangkan dan penuh kesan.

Jangan Sungkan Mix and Match

Tidak ada salahnya melakukan mix and match untuk outfit saat Lebaran. Strategi ini bisa diterapkan jika Anda tidak menemukan pakaian dengan ukuran yang pas. Pilihlah atasan dan bawahan yang kira-kira tampak serasi saat dipadukan. Tambahkan juga aksesori lain seperti bros agar tampilan Anda lebih memukau.

Mix and match pakaian juga bisa dilakukan saat Anda bosan dengan model outfit yang itu-itu saja. Anda pun bisa lebih hemat jika hanya membeli baju saja atau justru celana saja dan memadukannya dengan pakaian yang sudah dimiliki sebelumnya.

Tidak Perlu Terlalu Mahal

Jika Anda ingin membeli baju Lebaran, sesuaikan keinginan dengan bujet yang tersedia. Jangan sampai tergoda untuk membeli baju mahal hanya karena ingin tampil lebih memukau. Baju yang harganya standar pun akan terlihat bagus saat dikenakan oleh orang yang tepat.

Anda juga bisa mulai berburu baju Lebaran dari jauh-jauh hari. Dengan demikian, Anda memiliki banyak waktu untuk membandingkan harga pakaian di satu toko dengan toko yang lain. Jika beruntung, Anda pun bisa mendapatkan harga promo yang tidak menguras kantong.

Inilah beberapa tips untuk memilih baju yang tepat saat merayakan Lebaran. Jika ingin membeli outfit yang sesuai selera dan serasi dengan penampilan Anda, ada banyak sekali pilihan menarik di Shopee. Anda juga dapat lebih hemat karena bisa memanfaatkan voucher gratis ongkir dari Shopee. Selamat berbelanja!