Belajar Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini

Belajar bahasa Arab untuk anak usia dini
Belajar bahasa Arab untuk anak usia dini

ilmufid.com - Begitu pentingnya bahasa Arab bagi umat Islam, bahkan Imam Abu Hasan Al-Mawardi menekankan kepada anak-anak bahwa dalam perkataannya: "Apabila anak sudah sampai waktunya untuk dididik dan diajari, maka hendaknya dimulai dengan mengajarkan Al-Qur'an dan bahasa Arab".

Itulah mengapa belajar bahasa Arab untuk anak di usia dini itu diperlukan, selain sebagai modal awal yang berharga mereka, belajar bahasa Arab juga menjadi kebanggaan tersendiri apabila sudah menguasainya.

Tujuh atau delapan tahun adalah usia yang sempurna untuk belajar, otak kita berada pada puncak kekuatan otaknya untuk mempelajari informasi baru. Laporan ilmiah juga menunjukkan bahwa rata-rata otak seorang anak menciptakan antara 700 dan 1000 jalur baru setiap detik selama tahun-tahun awal kehidupannya.

Berbeda dengan anak-anak yang orang tuanya berasal dari dua latar belakang multi-budaya yang dimana akan lebih mudah dan sudah jelas akan memiliki keuntungan ketika belajar bahasa Arab.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk belajar bahasa Arab pada usia dini yang akan dapat meningkatkan peluang, terutama jika orang tua sabar dan termotivasi untuk menjadikan pembelajaran bahasa Arab anak-anak mereka sebagai prioritasnya.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti GFlashPro, yang membantu proses pembelajaran. Aplikasi khusus ini dapat membantu anda dalam membuat kartu flash sendiri untuk membantu si kecil belajar bahasa Arab. Bisa dengan mengetik kata-kata langsung ke ponsel atau tablet Anda melalui Googledocs, juga dapat menambahkan audio bahasa Arab serta gambar budaya Arab.

Seiring bertambahnya usia seorang anak, memang mereka masih bisa belajar bahasa asing lainnya, tetapi kurva belajarnya akan lebih lambat dan waktu untuk belajar bahasa barunya juga akan lebih lama. Ini tidak akan lagi menjadi bahasa ibu, tetapi bahasa kedua.

Belajar bahasa Arab untuk anak usia dini

Ketika di kalangan anak-anak sedang banyak-banyaknya kesalahan dalam berbahasa Arab, yang disebabkan pergesekan antara bahasa Arab dengan bahasa ajam. 

Sayyidina Ali bin Abi Thalib R.A. menyeru kepada para ulama untuk menyusun kaidah-kaidah bahasa Arab untuk anak, demi meminimalisir kesalahan dalam berbahasa Arab. Dalam kesempatan lain, Beliau juga pernah memerintahkan kepada masyarakat kala itu untuk belajar bahasa Arab, karena bahasa Arab adalah bahasa agamamu (islam).

Bahasa Arab merupakan salah satu kunci ilmu pengetahuan, terlebih yang berkaitan dengan keilmuan keislaman. Seorang anak yang telah mahir dalam berbahasa Arab, memiliki peluang besar untuk mendalami khazanah ilmu pengetahuan Islam dan mendalami ajaran-ajaran lainnya.

Oleh karena itu, para ulama salaf pun senantiasa menganjurkan supaya anak-anak mempelajari bahasa Arab terlebih dahulu.

Untuk mempelajari bahasa Arab atau bahasa kedua lainnya di usia dini yang ideal untuk anak adalah saat berusia 7 tahun dan ketika masa Sekolah Dasar (SD) dapat menjadi tangga pertama yang bagus untuk memulai semuanya.

Cara terbaik mempelajari bahasa baru adalah membiasakan diri dengan bahasa tersebut. Pendekatan yang tepat dimulai dengan mengenalkan kosakata bahasa Arab terlebih dahulu. Meski bukan bahasa yang tergolong mudah untuk dipelajari, bahasa Arab memiliki daya tarik yang menarik untuk dipelajari.

Bahasa Arab berbeda dari segi huruf atau alfabetnya serta jenis pelafalannya serta dalam sistem penulisannya yang berbeda dengan kebanyakan bahasa lainnya, yang dimana kebanyakan bahasa dimulai dari kiri ke kanan, tetapi hal itu tidak berlaku dalam bahasa Arab, karena sistem penulisan bahasa Arab itu dimulai dari kanan ke kiri.

Untuk pemula, anda bisa memulai belajar dengan menggunakan kamus bahasa Arab agar mempermudah Anda mencari terjemahan bahasa Arab ke Indonesia. Perlu diketahui, seorang ahli pun awalnya belajar dari dasar-dasarnya.

Memperbanyak hafalan kosakata bahasa Arab dan mencari tahu arti bahasanya Arab akan memperkaya hafalan diri Anda. Anda perlu sering-sering menanyakan dalam diri “apa bahasa arabnya..” tentang apa saja yang Anda temui di sekitar Anda. Seperti misalnya buku; bahasa Arabnya buku adalah كِتَابٌ جـ كُتُبٌ atau cara bacanya kitaabun jim kutubun.

Maka dengan itu, anda akan terbiasa menerjemahkan dan memikirkan apa saja bahasa Arab dari benda-benda di sekitar anda, semakin sering maka hafalan dan pembiasaan anda akan semakin baik pula, hal ini dapat membantu anda dalam mempelajari bahasa Arab bagi pemula.

Belajar bahasa Arab untuk anak dengan menonton kartun

Karena rangsangan visual dan musik yang menyenangkan dari kartun, anak bisa belajar berbicara dalam bahasa Arab bahkan tanpa mereka sadari sekalipun.

Kartun berbahasa Arab tersedia gratis di platform video online, seperti YouTube ataupun Dailymotion. Orang tua pun juga bisa mengunduh video gratis dari situs web edukasi sehingga anak-anak dapat menonton kartun berbahasa Arab tanpa koneksi internet.

Belajar bahasa Arab untuk anak menggunakan lagu anak-anak

Lagu anak-anak dalam bahasa Arab, yang berasal dari Iran, Maroko, Arab Saudi, dan Lebanon, dapat membantu anak-anak dalam mempelajari hal-hal dasar bahasa Arab hanya dalam kurun waktu beberapa bulan.

Pembelajaran yang paling baik adalah dengan mendengarkan lagu anak-anak tersebut secara teratur; hanya dalam beberapa waktu yang singkat, anak-anak akan mengingat kata-kata yang ada di dalam lagu-lagu tersebut dengan baik dan mereka juga dapat mempelajari kosakata-kosakata bahasa Arab secara tidak langsung.

Belajar bahasa Arab untuk anak dengan aplikasi belajar

Menggunakan smartphone ataupun gadget serta teknologi untuk belajar sangatlah bisa, lebih lagi untuk orang tua yang ingin mengajarkan anaknya belajar bahasa Arab untuk anak yang sesuai dengan umur dan sikapnya.

Banyak aplikasi di gadget yang dapat membantu anak anda belajar bahasa Arab dan juga membantu anda mengajari anak bahasa Arab di usia dini menggunakan tablet atau smartphone, karena memang aplikasi berikut ini dapat anda unduh dengan mudahnya di gadget anda.

Frasa Arab Gratis oleh emo menawarkan kartu flash bahasa Arab tentang berbagai topik. Anak anda dapat belajar bagaimana cara menyapa orang, menanyakan arah, berbicara tentang makanan dengan baik, dan lain sebagainya. 

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, sehingga akan membuat anak Anda merasa seolah-olah ia bisa fasih dalam pelajaran bahasa Arabnya. Aplikasi ini memiliki opsi leksikon dan tampilan menu pencarian yang bagus. Aplikasi ini juga memiliki fitur perekaman keren yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengucapan bahasa Arab anak anda.

Belajar Bahasa Arab - AccelaStudy dibuat dengan sangat baik. Aplikasi ini memiliki nuansa vintage yang terlihat seperti kartu flash kertas. 

Pilih topik yang anda ingin sesuai dengan keinginan anak anda untuk dipelajari dan bantu ia mempelajari kartu flash yang diterjemahkan dari bahasa Inggris atau Arab tersebut. Aplikasi ini juga memberikan kosakata, katakerja, gambar, statistik, kata-kata favorit, dan kuis tertulis serta audio.

Belajar bahasa Arab untuk anak dengan game bahasa Arab

Berkat semakin meningkatnya kemajuan teknologi, saat ini anda dapat belajar berbicara bahasa Arab secara online dan gratis menjadi lebih sangat mudah!

Untuk bisa menjadi seseorang yang lancar dalam berbicara bahasa Arab, anak-anak bisa menggunakan waktu bermain mereka untuk melakukan kegiatan yang bisa mengembangkan keterampilan bahasa mereka sambil bersenang-senang.

Cara itu agar anak nyaman dalam belajar, tidak terlalu serius dan merasa bosan ketika belajar. Lebih lagi ketika mempelajari bahasa Arab yang dimana haruslah menggunakan metode belajar bahasa Arab untuk anak usia dini juga.

Beberapa sumber belajar yang menyenangkan tersebut memungkinkan orang tua untuk belajar bahasa Arab dengan cara yang efektif tetapi juga dapat menghibur, seperti menggunakan boardgame yang dapat dimainkan dengan teman atau seluruh anggota keluarga.

Hal itu menjadikan anak-anak tidak mendapatkan tekanan dalam belajar dan cenderung fokus dalam belajar bahasa Arab di usia dini. Yang paling penting, permainan yang menyenangkan akan menjadi media pembelajaran bahasa Arab yang bagus untuk anak-anak.

Meskipun tidak dapat menggantikan kursus bahasa Arab dengan guru profesional, permainan- permainan tersebut memberikan solusi untuk berlatih bahasa Arab di luar jam pelajaran anak di sekolah.

Dan terlebih lagi, permainan-permainan edukasi tersebut memfasilitasi pembelajaran mereka di waktu senggang yang menyenangkan selama liburan sekolah, entah pada malam hari atau pada akhir pekan, anda bisa melakukan kegiatan keluarga apapun yang dapat mendukung pembelajaran dasar-dasar bahasa Arab.

Belajar bahasa Arab untuk anak-anak di sekolah

Tergantung Anda tinggal di mana, mungkin ada sekolah yang menawarkan pembelajaran bahasa Arab untuk anak-anak. Atau anda bisa mendaftarkan sang buah hati anda tersebut ke sekolah internasional yang menyediakan lebih banyak pilihan kelas bahasa asing, terlebih lagi untuk kelas bahasa Arab. Akan tetapi, anda juga bisa mencari beasiswa atau opsi lain.

Belajar bahasa Arab untuk anak-anak dengan kursus di kelas

Persis seperti pembelajaran di lingkungan akademik, tetapi didedikasikan khusus untuk bahasa asing, dan biasanya diadakan di luar jam kerja. Tidak semuanya menawarkan kelas untuk anak kecil, karena itu sebaiknya Anda menanyakannya terlebih dahulu. Kelas-kelas ini tidaklah murah, dan proses pendidikannya dilakukan secara berkelompok, tetapi lebih intensif daripada kelas di sekolah umum.

Belajar bahasa Arab untuk anak-anak dengan kursus privat

Dengan kursus privat, guru akan datang ke rumah anda untuk mengajari anak anda bahasa Arab. Biayanya bervariasi tergantung kota, tujuan, dan tingkatan materi. Orang tua dapat memilih area fokus tertentu dan mencari guru spesialis bahasa Arab anak yang lebih muda yang dimana akan tahu juga cara membuat anak-anak tidak bosan pada saat belajar.

Cara meningkatkan minat belajar bahasa arab anak

Pertama, menggunakan metode fun learning, yang dimana anak akan bermain sambil belajar. Metode ini membiarkan anak belajar sambil bermain dan mendorong anak-anak menjadikan kegiatan belajarnya yang menyenangkan. Artinya pembelajaran bahasa Arab dibuat menjadi sebuah pembelajaran yang menyenangkan.

Metode ini dapat melibatkan beberapa media atau alat bantu, seperti kartu bergambar, video, permainan, dan sebagainya. Metode ini memungkinkan anak aktif dalam pembelajaran. Aplikasi translate bahasa Arab berharakat

Kedua, menghubungkan Bahasa Arab dengan kegiatan sehari-hari, seperti bacaan shalat, wudhu, doa-doa harian, dan lainnya. Sebagai contoh, guru maupun Ayah-Bunda dapat mengupas tuntas bacaan doa sehari-hari sederhana untuk anak seperti doa hendak tidur atau doa bangun tidur misalnya.

Anak yang sudah hafal doa tersebut diajak untuk mengetahui makna doa dengan cara mengartikan per-kosakata. Bisa juga dengan menghafal bacaan doa dan arti doa yang disatukan dalam sebuah lagu yang mengasyikkan.

Ketiga, tidak memaksakan kemampuan anak. Kita tidak boleh terlalu memaksa anak menguasai banyak kemampuan sekaligus dalam waktu singkat. Terutama jika terlalu banyak memaparkan materi, anak akan mudah bosan dan semakin tidak tertarik mempelajari bahasa Arab lebih lanjut.

Misalnya untuk usia anak Sekolah Dasar, dalam sehari guru telah memberikan lima kosakata seputar perlengkapan yang ada di sekolah. Meskipun hanya sedikit namun lima kosakata tersebut bisa langsung dipraktekkan dalam komunikasi sehari-hari. Pertemuan selanjutnya kosakata dapat ditambah sedikit demi sedikit.

Hal itu akan membuat anak menjadi lebih mudah dalam menghafal kosakata bahasa Arab yang baru, tidak mengapa lama tetapi cara itu haruslah terus dilakukan setiap harinya agar para siswa tersebut menjadi terbiasa dalam berbicara ataupun menghafal bahasa Arab.

Posting Komentar untuk "Belajar Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini"